BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 23 September 2009

Sebuah Konsep Keseimbangan

RWA BHINEDA,,

Tuhan menciptakan dunia ini dengan keanekaragamannya. Gunung, Laut, Langit, Manusia, Binatang, dsbnya. Dari semua ciptaan beliau, ada suatu hal yg unik jika kita perhatikan. Beliau menciptakan suatu perbedaan dari benda ataupun karakter. Ada baik ada jahat, ada atas ada bawah, ada kanan ada kiri, ada utara ada selatan, ada pria ada wanita, dll. Semuanya mempunyai opposite side.

Jika anda jalan-jalan di Bali pasti banyak sekali menjumpai kain warna hitam-putih (kotak-kotak) di sepanjang jalan. Ada yg dipasang di pohon, di tugu yg ada ditengah2 perempatan jalan, ditugu yg ada depan rumah, bahkan ada yang di batu segala. Biasanya dari pengalaman saya, para driver maupun tur guide kalo ditanya hal ini akan menjawab bahwa tempat itu ada penunggunya dan angker. Ada juga yg menjawab kalo itu bagian dari kepercayaan Bali akan adanya paham animisme. Malahan yg ekstrem menjawab memang begitu. Saya coba tulis disini mengenai kain hitam putih yg kotak-kotak tersebut, berdasarkan penjelasan yg saya dapat dari pendeta dan orang-orang yang memahami sastra dan agama.

Kain HITAM PUTIH sendiri bermakna adanya sebuah konsep dua yg berbeda tapi satu. Secara luas, Tuhan menciptakan hitam, juga menciptakan putih sebagai lawannya. Juga hal lain seperti kebaikan. RWA BHINEDA, yaitu konsep tentang suatu perbedaan yang harus ada di dunia ini untuk menciptakan keharmonisan dan keseimbangan alam semesta. Dalam Chinese filosofi lebih dikenal dengan Yin-Yang.

Konsep Rwa Bhineda merupakan suatu hal yg membentuk karakter orang Bali. Orang Bali tidak menjadikan perbedaan sebagai suatu permusuhan atau alasan utk menunjukan ego kita. Perbedaan adalah suatu keindahan yg justru harus diseimbangkan demi terwujudnya keharmonisan dalam hidup manusia dan alam semesta ini. Mungkin konsep ini juga yg mempengaruhi karakter orang Bali utk tidak terlalu agressive dalam menanggapi kasus atau isu yg sedang berkembang. Dalam kehidupan sehari-hari, konsep Rwa Bhineda merupakan suatu bentuk penghormatan akan pilihan hidup manusia, mau jadi apa kita nantinya. Seperti halnya semboyan negara kita, BHINEKA TUNGGAL IKA...berbeda tapi tetap satu juga, maksudnya kita berbeda ras, wajah, warna kulit, pekerjaan, nasib, nama dll..tapi masih satu juga yaitu MANUSIA ciptaan TUHAN.


sumber:
http://bali-tourguide.blogspot.com/2007/05/rwa-bhineda-sebuah-konsep-keseimbangan.html

0 komentar: